Mitsubishi Fuso eCanter Akan Meluncur Sebagai Truk Listrik

Posted on

Mitsubishi Fuso eCanter akan segera meramaikan pasar truk listrik. Pasalnya, PT. KTB atau Krama Yudha Tiga Berlian Motors akan merilis truk listrik di Indonesia pada 2024. KTB turut berharap adanya dukungan pemerintah mengenai subsidi dalam pembelian truk listrik. Seperti halnya kendaraan listrik lain yang sudah lebih dulu terealisasi. Untuk itu, hingga kini masih terus berusaha agar mendapatkan dukungan dari pemerintah.

Mitsubishi Fuso eCanter
unsplash.com

Mitsubishi Fuso eCanter yang Akan Meluncur

Mitsubishi Fuso satu ini yang akan segera mengaspal di Tanah Air dengan status CBU atau completely built up. Kemungkinan akan diimpor langsung dalam keadaan utuh serta lengkap. Sementara, kini kendaraan listrik yang perlu diproduksi dari dalam negeri atau memiliki TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri) tertentu. Biasanya sebagai salah satu syarat utamanya untuk mendapatkan subsidi oleh pemerintah.

Permohonan Subsidi

Kemungkinan ada permintaan produksi lokal, kalau memang tersebut permintaan atau syarat oleh pemerintah, maka harus studi kembali terkait kesiapannya. Belakangan ini juga telah  melakukan komunikasi serta mengajukan proposal mengenai permohonan subsidi truk listrik Mitsubishi Fuso satu ini pada pemerintah maupun instansi terkait.

Setidaknya selaras dengan yang diberikan pada jenis kendaraan listrik lainnya. Sebab, jika memiliki semangat yang udara bersih, maka kontribusinya yang berasal dari kendaraan listrik tersebut. Pemberian subsidi dengan cara yang sudah resmi diberikan pemerintah terdapat skema yang berbeda-beda. Biasanya juga akan bergantung dengan jenis kendaraannya.

Motor listrik yang terbaru serta hasil konversi mendapat subsidi sebesar Rp7 juta per unit. Sementara pada mobil listriknya, pemberian subsidi yang berupa pemangkasan PPN atau Pajak Pertambahan Nilai. Sebab pada awalnya 11 persen menjadi 1 persen, sama halnya dengan bus listrik.

eCanter Lakukan Uji Coba

PT KTM atau Krama Yudha Tiga Berlian Motors kini sebagai distributor resmi dari kendaraan niaga Mitsubishi Fuso Indonesia. bahkan berhasil melakukan pengujian maupun proof of concept (POC) pada Mitsubishi Fuso eCanter. Bahkan, pabrikan dari lambang tiga berlian tersebut memberikan klaim. Jika produknya yang termasuk ramah lingkungan akan memperoleh sambutan positif perusahaan yang tengah lakukan uji coba.

Beberapa perusahaan juga turut serta dalam pengetesan eCanter, yakni PT Pos Indonesia, Nestle, dan B-Log. Selain itu, adanya respons positif oleh para konsumen terkait eCanter yakni  terkait performanya.

Pasalnya performa tersebut, menurutnya yang sangat bagus pada akselerasi yang impresif dan termasuk dalam cornering. Sehingga, yang ingin melihat pada project ini yakni respon customer terhadap Mitsubishi eCanter. Sebab semua hal positif, ini artinya acceptable dan penerimaan pasar-nya juga terbilang baik.

Kemudian, untuk langkah selanjutnya oleh PT KTB, tentu untuk bisa mempelajari tentang strategi ke depannya. Apakah Mitsubishi Fuso eCanter akan dipasarkan atau bagaimana itu dalam prosesnya ke sana. Sementara untuk tahun ini, juga belum masih belum rampung.